Halaman

Kamis, 31 Mei 2012

Matematika. Antara Hidup dan Galau


Matematika. 
Satu kata yang bikin saya selalu merinding. Satu kata yang bikin kepala saya langsung kena migraine mendadak setiap mulai pelajaran ini. Saat semua orang suka banget sama pelajaran ini karena enggak banyak hafalannya, saya malah masuk golongan orang yang emang ga pinter masalah hitung-hitungan. 

Entahlah. Dari dulu saya emang takut sama pelajaran Matematika dan Bahasa Arab karena saya memang ga bisa di mata pelajaran itu. 


Saya selalu keringet dingin setiap kali Bu Atun -guru matematika saya- nunjuk satu orang siswa maju ke depan kelas buat ngerjain satu soal. Pas ngeliat Bu Atun manggil nama saya maju ke depan kelas buat ngerjain soal mungkin mata saya udah sebulet mata D.O dan Minho saking gugupnya. Sebelum maju saya liat muka temen-temen sekelas saya yang seolah natap saya kaya' ngeremehin. Saya ga marah. Karena saya memang ga ahli dalam pelajaran itu. Saya ga pinter di bagian itu.

Setelah beberapa lama akhirnya saya minta mama buat les privat. Sekitar dua bulan saya berhenti karena ga ada kemajuan. Saya semakin frustasi. Soal
Trigonometri yang gampang banget buat temen-temen saya, saya malah ga mampu nyelesin.

Dan sekarang mama saya nambah masalah baru. Mama minta saya masuk jurusan IPA. Jurusan yang mungkin pilihan ke 1412 yang bakal saya ambil. Tapi kalo mama sudah nyuruh saya bakal berusaha. Walaupun setiap kali belajar matematika buku matematika itu bakal utuh di atas meja belajar. Ga tersentuh sama sekali.

Dan tanggal 29 Mei kemarin, matematika jadi ulangan hari kedua jam pelajaran pertama yang diujikan. Sumpah! belom liat soal saya udah mau tepar. Kakak kelas yang duduk di sebelah saya ga ngebantu sama sekali. Akhirnya saya noleh ke samping dan liat Uti sama frustasinya sama saya. Dari 40 soal saya cuma mampu ngerjain setengahnya. Sisanya? tinggal nunggu bisikan setan dan jurus bismillah -__________________________-

Saya ngelirik jam kakak itu, masih ada sisa waktu 20 menit dan jawaban saya masih kosong 15 nomor. Saya ngelirik ke luar kelas. Masih kosong. Bahkan temen kelas saya Iman yang ga ketulungan pinter matematika pun batang hidungnya belom nonggol. Saya berfikir kalo soal itu sulit banget karena Iman belom keluar dari ruang sebelah. 

Pengawas keluar. Kelas mendadak jadi pasar karena saking ributnya. Dari bisikan setan temen-temen saya yang keliatannya sama frustasinya kaya' saya, saya dapet jawaban 8 nomor. Walaupun saya ga terlalu yakin sama jawaban temen-temen, tapi saya tetep salin itu jawaban sambil berharap temen saya yang ngasi jawaban itu ngejawabnya pake otak, bukan pake jurus bismillah -______________________-

Pengawas masuk, dan suasana kembali hening kaya' kuburan Belanda. Sekali lagi, saya nanya jam di kak Miranda. Sisa waktu tinggal 1 menit lagi dan kepala saya udah bener-bener pening. Kepala saya udah bener-bener buntu. Akhirnya saya pake cara terakhir. Jurus bismillah.

Saya bener-bener ga yakin sama jawaban pake jurus bismillah itu. Jadi saya mutusin buat nanya jawaban ke Uti. ternyata Uti bernasib sama kaya' saya. Belom nomor 26 dan 27. Pas saya mau nanya ke Fitri -temen di depan meja saya- bel berbunyi. Pengawas dengan tatapan horror nyuruh kami berhenti mengerjakan soal.

Saya maju ke depan kelas buat ngumpulin lembar jawaban. Bismillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar